Cara Melunasi Kartu Kredit



Pada saat ini siapa yang tidak mengenal Kartu Kredit atau yang lebih keren Credit Card, karena disetiap pintu masuk pusat perbelanjaan yang ramai biasanya para SPG langsung menyapa anda dengan ramah untuk menawarkan produk Kartu Kredit dari berbagai bank. Betapa mudahnya Kartu Kredit ini diperoleh dengan berbagai iming-iming seperti:

+ gratis biaya/fee selama setahun
+ kemudahan berbelanja dan tawaran diskon diberbagai outlet
+ pembayaran dapat dilakukan dibayar pada akhir bulan
+ mendapatkan hadiah langsung jika aplikasi anda disetujui
+ tawaran kredit barang dengan cicilan sampai 12x dengan bunga 0%, dll.
+ mendapatkan poin jika digunakan, semakin sering digunakan semakin banyak poin yang dapat dikumpulkan yang kemudian ditukarkan dengan produk tertentu sesuai jumlah poin.

Hal ini membuat banyak orang yang tertarik untuk memilikinya, diperburuk lagi dengan perilaku rakyat Indonesia yang suka berbelanja. Hal ini dapat disaksikan saat akhir pekan atau saat gajian (biasanya akhir/awal bulan), semua pusat perbelanjaan penuh sesak berhimpitan.

Kesempatan ini dengan jeli dimanfaatkan oleh berbagai bank, khususnya bank yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh asing untuk memasarkan produk Kartu Kredit mereka.

Terkadang orang memiliki beberapa kartu kredit hanya untuk meningkatkan perasaan gengsi sang pemilik, apalagi kartu kredit tersebut  diterbitkan oleh bank besar asing. Kartu Kredit sangat membantu dan memudahkan dalam bertransaksi karena tidak perlu membawa uang cash kesana-kemari dan sangat tidak nyaman jika harus bertransaksi dalam jumlah yang besar dengan membawa segepok uang cash.. hal ini dapat pula membahayakan keselamatan sang pemilik uang.

Dibalik keuntungan memiliki kartu kredit, tersimpan potensi malapetaka yang sangat besar jika tidak bijak menggunakannya. Karena bunga kartu kredit sangatlah besar jika tagihan tidak langsung dilunasi 100% saat jatuh tempo karena bunga dihitung bukan dari sisa kredit jika tidak membayar lunas saat jatuh tempo namun dihitung dari saldo hutang diawal saat pencetakan slip tagihan. Dan bunga dihitung secara harian.

Dibawah ini tips yang saya lakukan dalam menggunakan kartu kredit:

+ Jangan menganggap Kartu Kredit adalah uang lebih.
+ Jangan bertransaksi dengan kartu kredit jika anda merasa tidak dapat melunasi seluruh tagihan saat jatuh tempo pembayaran.
+ Jika memiliki lebih dari 1 kartu, usahakan menggunakan 1 kartu dalam 1 period (bulan) pembayaran. Jangan bertransaksi dengan semua kartu dalam 1 period pembayaran, akan menyulitkan saat pembayaran, dikarenakan slip tagihan terkadang datang terlambat.
+ Miliki kartu kredit yang memberikan program discount terbanyak, dapat diterima dibanyak tempat, dan memberikan program hadiah yang menarik jika sering digunakan.
+ Miliki kartu kredit yang dapat memberikan kemudahan dalam pembayaran tagihan (paling gampang membayar di ATM), jangan miliki kartu kredit dimana bank penerbit tidak memiliki cabang ditempat anda berdomisili. Belum tentu kartu kredit yang banyak digunakan orang lain juga berguna bagi anda jika hal itu menyulitkan dalam hal pelunasan tagihan.
+ Jika anda sering bepergian menggunakan pesawat terbang, sebaiknya miliki Kartu Kredit yang dapat digunakan pada Executive Lounge yang terdapat dibeberapa bandara tertentu. + Biasanya minimal jenis kartu kredit gold, namun tidak semua jenis gold dapat digunakan bergantung kerja sama bank penerbit dengan penyedia jasa Executive Lounge. Hal ini akan memudahkan anda beristirahat ketika menunggu naik pesawat atau saat transit dalam jangka waktu lama.
+ Gunakan Kartu Kredit jika terdapat program cicilan sampai 6-12 bulan dengan bunga 0% pada barang-barang yang anda butuhkan.

Jika anda telah bermasalah dengan utang kartu kredit, dibawah ini tips yang dapat dijadikan pilihan:

+ Jangan pernah membayar hanya  sejumlah minimal pembayaran yang diperbolehkan.
+ Jika memiliki lebih dari 1 kartu, usahakan untuk melunasi utang tagihan kartu yang memiliki bunga terendah terlebih dahulu. Kemudian segera pindahkan tagihan Kartu Kredit yang memiliki bunga terkecil setelahnya ke KK yang telah lunas, setelah itu tutup kartu kredit tersebut. Langkah ini dilakukan terus sampai semua kartu lunas.
+ Jika anda memiliki 2 kartu kredit dan salah satu kartu tidak memiliki tagihan, sementara itu anda tidak memiliki dana untuk membayar lunas tagihan yang terdapat pada kartu yang lain… segera pindahkan seluruh tagihan ke kartu kredit yang tidak memiliki tagihan. Hal ini dapat menunda pembayaran bunga namun tidak menunda pelunasan tagihan sementara anda menyiapkan dana.
+ Jangan gunakan kartu kredit jika masih terdapat tagihan yang tertunggak.
Cari pinjaman dengan bunga lebih kecil dan dapat dicicil untuk melunasi seluruh tagihan kartu kredit karena bunga kartu kredit sangatlah besar.
+ Pilihan terakhir adalah, adakan refinance dengan bank penerbit jika anda sudah benar-benar tidak memiliki opsi lain.